fbpx
Brand, Apa Itu?

Brand, Apa Itu?

Menciptakan sebuah brand merupakan salah satu hal terpenting yang harus anda lakukan ketika mendirikan bisnis. Tetapi mendefinisikan “brand” dapat menjadi tugas yang sedikit tricky. Ada begitu banyak pendekatan untuk branding pada bisnis dan begitu banyak elemen sebuah brand.

Menurut Wikipedia, dalam pemasaran, sebuah brand merupakan simbol perwujudan dari segala informasi yang berhubungan dengan produk atau jasa. Sebuah brand dapat termasuk nama, logo, dan elemen visual lainnya seperti gambar atau simbol. Hal tersebut meliputi kumpulan ekspektasi yang berhubungan dengan produk atau jasa yang muncul dalam pikiran orang–orang. Orang–orang tersebut karyawan dari pemilik brand, orang–orang yang terlibat dalam distribusi, penjualan atau supplier produk atau jasa, dan pelanggan.

Definisi sederhananya sebuah brand diciptakan dalam pikiran pelanggan anda, mulai dari perspektif hingga pengalaman, tetapi bukan berarti tidak ada hal yang dapat Anda lakukan untuk membentuknya atau mengontrol hasilnya.

Brand adalah sebuah nama yang diluncurkan dan disematkan pada sebuah produk yang kemudian akan menjadi sebutan bagi produk itu dan menjadi perwakilan bagi perusahaan atau sering dikenal orang dengan ‘merek’.

Brand atau Merek mempunyai tujuan dan makna yang lebih luas. Brand meliputi logo dan posisi visual lengkap dan dibuat dengan identitas merek yang kuat. Tetapi juga mencakup banyak aspek lain yang bukan bagian dari sisi desain yang ketat dari bisnis. Ini mungkin termasuk konten Anda, mempunyai pesan dan bercerita. Layanan pelanggan dan pengalaman klien juga merupakan bagian dari sebuah brand. Reputasi adalah bagian penting dari mendefinisikan kata brand.

(Sumber: Dari berbagai sumber)

Leave a Reply