fbpx
Memanfaatkan Media Iklan Digital untuk Efektivitas Pembayaran PBB

Memanfaatkan Media Iklan Digital untuk Efektivitas Pembayaran PBB

PBB adalah singkatan dari pajak bumi dan bangunan. Pembayaran pajak memang sudah menjadi suatu kewajiban dari setiap wajib pajak. Pajak ini dibebankan ke pemilik rumah/property, sehingga semua pemilik bangunan, baik bangunan tempat tinggal seperti rumah ataupun tempat usaha memiliki kewajiban untuk membayar atau melunasi pajak bumi dan bangunan (PBB). Dan ketentuan mengenai pajak bumi dan bangunan ini sudah tertuang dalam amanat undang-undang.

Sebagaimana dimaksud dalam UU tahun 1985 No. 12 mengenai pajak bumi dan bangunan. Dengan perubahan seperti dimaksud oleh UU No. 12 Tahun 1994 yang mengatur tentang kepemilikan bumi dan bangunan dimana setiap pemilik akan diwajibkan untuk membayar pajak kepada negara.

Kapan, dimana dan berapa jumlah PBB yang harus dibayarkan oleh wajib pajak?

Sebelum membayar pajak, wajib pajak akan diberikan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) PBB. Surat tersebut biasanya dibagikan ke warga pada awal tahun. Baik melalui kelurahan, atau Ketua RT hinga RW setempat.

Bagaimana dengan nominal pajak yang harus dibayar? Semua itu telah tercantum pada SPPT. Tak hanya jumlah pembayaran, namun juga Nomor Objek Pajak (NOP).

Bagaimana cara pembayaran PBB ?

Ada 2 cara pembayaran yang bisa dilakukan yaitu cara bayar secara Offline dan Online.

Pertama, cara bayar PBB secara offline adalah upaya paling umum yang biasa dilakukan. Berikut tempat-tempat untuk membayar pajak secara offline:

– Kantor pos

– Bank-bank yang ditunjuk berdasarkan kebijakan pemerintah setempat

– Petugas pemungut di kelurahan atau kantor desa terkait

Kedua, cara pembayaran Online.

Sebagian orang tentunya sudah terbiasa dengan metode pembayaran pajak secara offline. Namun bagi yang mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk membayar pajak bumi dan bangunan, juga dapat melakukan cara bayar PBB secara online. Yaitu dengan melakukan pembayaran di ATM bank-bank yang telah ditunjuk untuk melakukan pembayaran PBB online.

Cara pembayaran secara offline maupun online sudah tersedia untuk kemudahan pembayaran PBB. Meski begitu, masih ada yang kebingungan harus datang ke mana dan kapan.

Oleh karena itu, maka penting bagi bank-bank/kantor pos atau tempat/media pembayaran yang ditunjuk, agar melakukan edukasi dan sosialisasi secara terus-menerus, baik melalui media cetak maupun media elektronik.

Media cetak berupa iklan dalam bentuk pamflet atau spanduk di pinggir jalan atau tempat strategis yang memberikan informasi manfaat pajak. Media elektronik berupa iklan di televisi, radio, maupun internet pun biasa digunakan.

Di zaman digital sekarang ini, untuk menjangkau masyarakat secara cepat dan mudah, perlu mempertimbangkan menggunakan media digital untuk melakukan sosialisasi sebagai salah satu alternative cara untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat wajib pajak. Cara-cara konvensional seperti baliho, spanduk, brosur, dll yang sebelumnya efektif, sekarang sudah mulai ditinggalkan karena membutuhkan biaya yang cukup mahal, waktu yang lama dan kurang efektif menjangkau target.

SMS blast berbasis lokasi dan SMS gateway adalah salah satu cara menjangkau Wajib Pajak secara tepat, mudah dan cepat.

Kenapa Harus SMS?

  • Zaman now beragam media mobile yang bisa diakses oleh masyarakat, hanya ada 1 media yang selalu ada dan dimiliki oleh semua elemen masyarakat yaitu Semua orang kini hidupnya lebih banyak dihabiskan untuk “bersosialisasi” dengan ponsel mereka. Itu artinya, kehidupan mereka sedang berpindah dari dunia nyata ke dunia maya.
  • Semakin majunya teknologi hampir tidak dapat dipungkiri semua orang dewasa (baca : berpenghasilan) memiliki Handphone di sisinya 24 jam sehari.
  • Rata-rata pengguna handphone memeriksa layarnya 150x dalam sehari atau 10 menit sekali. 90% pesan singkat dibaca dalam waktu 3 menit setelah pengiriman.

Keunggulan SMS :

  • Mudah , tidak repot, dan lebih cepat. Anda cukup menyusun konten (isi sms) dan langsung diterima oleh target Anda. Tidak membutuhkan waktu lama untuk design atau pencetakan materi seperti pada media konvensional.
  • Tepat sasaran (efektif). Anda dapat memilih dan menentukan dengan jelas siapa target kampanye Anda. Baik secara lokasi maupun demografi.
  • Lebih hemat (efisien). Anggaran Anda bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki dan jauh lebih hemat dibandingkan kampanye konvensional.
  • Lebih terpercaya (credible). Di sms yang diterima oleh wajib pajak memiliki nama pengirim (masking sender).
  • Menjangkau secara lebih personal khususnya ke wajib pajak Badan usaha.
  • Kemudahan untuk wajib pajak mengakses link website bank/kantor pos untuk kemudahan informasi pembayaran PBB.

Bagaimana APTANA dapat membantu Anda?

APTANA Citra Solusindo adalah satu-satunya perusahaan penyedia layanan digital advertising yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Memberi solusi dalam menyampaikan sosialisasi dan himbauan pembayaran PBB ke seluruh penduduk Indonesia sesuai dengan lokasi dan demografi yang diinginkan. Cara mudah untuk terhubung dengan target secara lebih tepat dan sesuai anggaran.

KAMI SIAP MEMBANTU ANDA

HUBUNGI KAMI SEKARANG JUGA, DAN TIM KAMI AKAN SEGERA MEMBANTU ANDA.