fbpx
Melirik 4 Bisnis Menguntungkan di Moment Imlek

Melirik 4 Bisnis Menguntungkan di Moment Imlek

Layaknya hari besar lainnya di Indonesia, Imlek selalu identik dengan perayaan meriah yang dilakukan oleh etnis Tionghoa. Berbagi persiapan telah dilakukan jauh hari sebelumnya baik berupa persiapan fisik hingga keuangan untuk menyambut Tahun Baru tersebut. Menurut kaum Tionghoa, Imlek sendiri merupakan satu akar budaya yang perlu dilestarikan. Saat perayaan Imlek berlangsung, seluruh keluarga berkumpul dan bersama-sama secara khusyuk mengenang leluhurnya.

Berbagai macam perayaan dilakukan ketika hari Imlek, sebagaimana dilansir dari laman kompasiana (sumber: kompasiana.com) mulai dari kegiatan bersih bersih rumah sebagai simbol kesiapan dalam menyambut rejeki, berkunjung ke rumah saudara untuk merayakan imlek bersama, dan memakai pakaian yang identik dengan warna merah yang dianggap dapat mengusir

Makhluk buas yang datang menghampiri mereka. Konon menurut kisah, di saat pergantian tahun baru China, makhluk buas dari gunung maupun dari laut akan datang. Namun, makhluk tersebut takut dengan warna merah. Itulah mengapa Anda akan melihat nuansa merah saat perayaan imlek. Wah.. menarik ya filosofinya mitra Aptana? Dan tentunya yang ditunggu nih adalah angpao. Sebenarnya apa sih makna dari angpao?

Angpao sendiri merupakan pelafalan dari bahasa Hokkien dari kata ang pow. Sedangkan dalam kosa kata bahasa Mandarin, angpao disebut dengan hongbao (红包) yang berarti amplop merah, sejarah pemberian angpao ini sudah berlangsung sejak lama loh… Orangtua memberikan anak-anaknya 100 koin. Dalam kepercayaan mereka, pemberian 100 koin ini akan memberikan anaknya umur panjang hingga 100 tahun. Jadi Mitra Aptana sudah tau kan apa makna dari angpao itu? Mitra Aptana mau angpao juga gak? Hmm… dari pada cuma berharap, mending kita coba yuk 4 potensial bisnis yang bisa dilakukan saat momen Imlek.

Tim redaksi Aptana.co.id merangkum 4 potensial bisnis yang membawa hoki dan tips bagaimana dapat meraih keuntungan lebih pada bisnis tersebut:

  1. Bisnis Food and beverage (F&B)

Momen imlek dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga dan kolega. Momen ini rasanya belum lengkap kalau tidak ditemani oleh makanan dan minuman, terutama beberapa menu khas hari Imlek seperti kue keranjang, yusheng, teh krisan, maidong dan lain-lain. Hal ini membuka peluang baru bagi para pebisnis F&B untuk menjual makanan tersebut. Peluang lain yang dapat diambil oleh para pelaku bisnis adalah dengan menentukan harga jual yang lebih tinggi dari biasanya, karena permintaan pasar besar. Selain itu, bagi para pemilk cafe momen Imlek juga dapat dijadikan ajang untuk melakukan upselling ataupun cross selling produk, dengan menyediakan paket khusus menu makanan untuk grup (seperti menu paket berdua, berempat atau berlima). Para pemilik bisnis F&B juga dapat memberikan promo kepada konsumen berupa diskon kepada orang-orang yang sedang merayakan Imlek, selain meningkatkan pontensi income yang lebih besar, promo ini dapat membangun engagement yang baik dengan konsumen.

  1. Fashion & Accessories

Sudah menjadi rahasia umum momen hari raya selalu identik dengan pakaian dan aksesoris yang baru. Pada momen Imlek tahun ini pelaku bisnis fashion dapat memaksimalkan income mereka dengan melakukan penjualan produk secara online. Pemasaran produk juga dapat dilakukan melalui media sosial yang saat ini sedang hits seperti Instagram, Facebook, Google Ads dan lain-lain. Penjual dapat memberikan promo menarik berupa diskon, promo buy two get one free, giveaway bahkan buyback dengan promo  yang berkaitan dengan hari Imlek, selain itu feedback yang dapat diambil oleh pemilik usaha juga beragam terutama dengan pemanfataan digitalisasi pemilik usaha dapat menambah data based pelanggan yang nantinya akan berguna di kemudian hari dengan memberikan syarat promo wajib mengisi data based yang ada.

  1. Jasa Percetakan

Momen Imlek tanpa disadari membuka peluang baru untuk para pelaku usaha percetakan. Mengapa? Karena hampir semua Mitra Aptana yang merayakan Imlek akan membeli amplop angpao untuk dibagikan pada hari Imlek. Pelaku usaha percetakan dapat memanfaatkan momen ini dengan menghadirkan desain amplop angpao yang unik untuk menarik perhatian pembeli. Desain sesuai permintaan (customed) juga bisa menjadi pilihan yang menarik loh Mitra Aptana untuk mengingkatkan penjualan. Selain itu, jasa percetakan dapat menyediakan pelayanan pemesanan secara online karena akan lebih praktis dan menghemat waktu. Pelanggan cukup memilih desain amplop yang mereka suka pada katalog yang tersedia di website,Instagram dan Facebook jasa percetakan tersebut.

  1. Buah dan Sayuran

Bisnis lain yang cukup menggiurkan dan patut dicoba adalah Buah dan Sayuran, karena pentingnya keberadaan buah sebagai isi bingkisan / parsel di moment Imlek.Dengan sentuhan sedikit kreativitas, packaging yang ditawarkan dapat dibuat lebih menarik dengan menambahkan aksen sesuai tema tahun Imlek yang ada.Selain itu kualitas buah dan sayuran harus diperhatikan agar selalu fresh serta Jangan lupa, gunakan dan maksimalkan promosi via sosial media ya Mitra Aptana.

Advertising dan Promotion

Keempat bisnis diatas dapat meraup keuntungan yang lebih besar jika disertai dengan promosi dan strategi marketing yang tepat. Dengan pemanfaatan digitilasisi, promosi yang dilakukan dapat dimaksimalkan. Saat ini sudah banyak platform yang dapat Mitra Aptana gunakan untuk meningkatkan brand awareness. Terlebih di era 4.0 saat ini, persaingan bisnis semakin ketat sehingga menuntut kita untuk bergerak cepat menghadapi kompetitor yang ada. Perusahaan tidak segan untuk mengeluarkan budget lebih untuk melakukan promosi produk atau jasanya secara digital. Mengutip perkataan dari – Michelle StinsonRoss, Direktur Pelaksana Operasi Pemasaran, Apogee Result “Untuk terus memenangkan permainan pemasaran internet, konten Anda harus lebih dari sekadar brilian, harus memberi warna orang-orang yang mengonsumsi konten itu, kemampuan untuk menjadi versi yang lebih baik dari masa ke masa .” Jadi bisa dibayangkan dong Mitra Aptana bagaimana pentingnya advertising dan promosi bagi perusahaan agar dapat meningkatkan keuntungan nya.

Nah mitra Aptana… itulah beberapa bisnis yang potensial di momen Imlek versi kami, tertarik untuk menjalaninnya? Satu hal yang penting untuk dipikirkan adalah bagaimana melakukan promosi produk atau jasa tersebut secara digital, karena sekarang jaman yang serba digital. Mitra Aptana gak mau kan kalau dianggap metode pemasaran nya gak up to date?, klik www.aptana.co.id dan mulailah meraup hokky di tahun yang baru ini.