fbpx
Jalan Keberhasilan Melalui Social Media ADS

Jalan Keberhasilan Melalui Social Media ADS

2020 Akan menjadi tahun kompetitif. Peran digitalisasi berpengaruh besar terhadap perkembangan sebuah bisnis.Jika kalian berhasil memenangkan pasar / market digital, maka kalian dengan mudah dapat menguasai pasar. Social media adalah platfoam yang tepat dalam melakukan iklan. Lalu apa saja strategi yang tepat untuk memenangi kompetisi digital melalui social media ads ? Simak artikel berikut

  1. Tentukan Goal dan Budgetmu

Dalam melakukan iklan di social media, strategi pertama yang harus dilakukan adalah menentukan Target terhadap campaign / promosi yang harus dilakukan di social media. Target yang dimaksud adalah berupa apakah tujuan dari sebuah campaign /promosi kalian ?

Brand awarnesse,meningkatkan pertumbuhan pengunjung /pengguna website hingga meningkatkan data base fanbased di platfoam media social brandmu yang berujung pada peningkatan penjualan produk/jasa adalah rangkaian target yang diharapkan.Dengan target yang jelas, kalian dapat menentukan platfoam social media yang sesuai untuk promosi / campaign kalian.

Hal lain adalah perencanaan budget. Setelah menentukan target dan platfoam media social hingga terbentuknya timeline social media ads, langkah selanjutnya adalah menentukan budget yang akan kalian gunakan. Tingkat keberhasilan social media ads tentu akan bergantung terhadap seberapa besar rencana budget yang akan kalian keluarkan.

Pada umunya dikutip dari artikel  Allegra Demerjian pada Digital Director at the Abbi Agency, explains social media, buget minimun yang dikeluarkan pada iklan di sosial media sebesar $1 .  Pada tahap ini cobalah untuk melakukan pengujian iklan / campaign kalian di beberapa media sosial dengan memberikan estimasi waktu terhadap tingkat keberhasilan yang di harapkan, fase ini sering disebut masa Inkubasi.

  1. Pilih Audiencemu

Strategi lain yang perlu kalian terapkan dalam social media ads adalah memilih target audiencemu.Banyak kriteria yang dapat kamu pilih dalam menetukan target audiencemu diantaranya adalah

  • Demography

Menentukan target audience berdasarkan umur,jenis kelamin,etnich,culture hingga life style mereka. Hal ini dilakukan agar campaign / promosi yang kalian lakukan tepat dengan culture / gaya hidup audiencemu.

  • Lokasi

Lokasi menjadi sangat penting dalam menentukan audience karena setiap lokasi memiliki culture dan keunikan masing –masing sehingga proses promosi / campaign akan berbeda beda.

  • Minat dan kebiasaan

Selanjutnya adalah minat dan kebiasan. Dalam menentukan audience kalian harus mengetahui hobi,makanan favorit hingga kebiasaan social dari target audiencemu, karena dengan mengetahui secara detail minat dan kebiasaan  mereka, akan sangat membantu tingkat keberhasilan campaign / iklan social media yang kalian lakukan.

  1. Tentukan Platfom / Aplikasi Media Soial

Hingga tahun 2019 dikutip dari lamaan  https://brightbalimedia.com/id/articles/21-sosial-media-paling-populer-pada-tahun-2019 ada 21 jenis platfoam yang beredar dengan jumlah pengguna menembus angka 3,5 milliar.Dengan banyaknya pilihan platfoam media social, kalian harus mengetahui keunikan masing masing social media.

Misalnya facebook sebagai platfoam terbesar dengan jumlah penggunan terbanyak akan memudahkan kalian dalam menyebarkan campaign / promosi dengan option target yang spesifik dengan melakukan boots pada setiap postingan, promosi halaman brandmu hingga meningkatkan brand awareness. Di facebook juga kalian dapat menyambungkan audiencemu ke website  atau aplikasi brandmu agar meningkatkan jumlah pengguna produk/jasamu.

Sedangkan paltfoam  Instagram dapat memungkinkan kalian melakukan promosi dalam segala macam konten (video,photo hingga audio) Serta dapat mengjangkau pengguna platfoam lain seperti Facebook karena saat ini semua postinganmu di instagram tersambung di Facebook sehingga target audiencemu akan lebih luas.Dengan mengetahui keunikan pada setiap platfoam, kalian akan memilih platfoam yang dianggap tepat dengan bisnismu.

  1. Menentukan Tipe / jenis iklan

Strategi berikutnya adalah menentukan jenis/ tipe iklan (ads) yang akan dilakukan di media social. Ada sangat banyak varian iklan yang dapat dilakukan seperti Melakukan booster pada setiap postingan yang dianggap menarik,video advertsing atau iklan video, Fan Building ,Email subsciribe,caroulsel,web kilk thought hingga konversi. Semua jenis iklan (ads) ini tentu memiliki kelebihan masing – masing sehingga pastikan kalian mengetahui isi campaign/ iklan kalian agar tepat dalam memilih jenis ads.

  1. Kembangkan Kreativitas Iklan

Dalam melakukan iklan /campaign di social media, kalian dituntut untuk lebih kreatif, hal ini agar setiap iklan kalian mudah diterima oleh pengguna, semakin kreatif materi iklan kalian maka semakin menarik minat para audience untuk membacanya. Berikut adalah tips agar kalian bisa mengembangkan materi iklan di social media

  • Ikuti aturan konten pada setiap brand pesaingmu
  • Gunakan kalimat persuasi atau strong call to action (CTA)
  • Gunakan gambar / visual yang menarik
  • Mobile friendly, dengan asumsi mayoritas pengguna social media menggunakan mobile akses maka buatlah kontenmu mudah di akses pada mode phone.
  • Gunakan video dengan konten yang lebih friendly sehingga memancing enggagment.

Dengan mempertimbangkan hal hal di atas dalam mebuat sebuah konten maka setiap iklanmu akan mudah diterima oleh audience.

  1. Report

Hendaknya agar selalu melakukan report pada setiap iklan yang dilakukan di social media. Ada beberapa hal yang dapat diukur untuk menentukan tingkat keberhasilan dari iklan di social media diataranya adalah

  1. Impression, Engagment and engagement rate

Hal yang dapat di ukur adalah tingkat ketertarikan dan komunikasi terhadap sebuah konten iklan di social media. Semakin besar jumlah impression dan engagement, semakin tinggi tingkat keberhasilan iklan tersebut

  1. Cost Per Click (CPC)

Dengan mengetahuin Cost Per Clik (CPC) kalian dapat menghitung tingkat keberhasilan dari iklan di media social yang telah dilakukan

  1. Convertion Rate

Temukan jumlah transaksi yang mengentungkan pada setiap kunjungan website/platfoammu dengan melakukan report converstion rate

  1. Click Thought Rate (CTR)

Dengan melakukan report click thought rate (CTR) maka kalian dapat mengetahui umlah klik pada link dalam email dengan jumlah email yang dibuka penerima sehingga tingkat keberhasilan iklan di media sosial dapat diukur.

  1. Reporting Demography dan placement

Diawal melakukan rencana iklan di media social kalian akan melakukan penentuan audience berdasarkan beberapa kriteria dan pada saat reporting akan jelas terlihat tingkat keberhasilan iklan kalian.

  1. Bermitra dengan Aptana

Agar proses iklan di media social sukses, bermitralah dengan Aptana Citra Solusindo. Dengan pengalaman serta tenaga yang ahli dibidangnya, Aptana Citra Solusindo menjanjikan sebuah konsep beriklan di media social yang efektif dan tepat sasaran. Tunggu apalagi jadilah #mitradigitalbisnis Aptana dan raihlah keberhasilan dalam sosical media ads untuk bisnis anda.