fbpx
23884

“Evolution has made Homo sapiens, like other social mammals, a xenophobic creature. Sapiens instinctively divide humanity into two parts, ‘we’ and ‘they’.”

Yuval Noah Harari – Sapiens

Cepat atau lambat perubahan akan selalu terjadi. Saat ini perubahan nyata dirasakan saat era konvensional yang identik dengan offline bergeser menjadi era digital yang lebih dikenal sebagai era online. Perubahan yang dinamis dengan tingkat pergeseran yang cepat juga memacu transformasi dalam setiap pola prilaku, salah satunya adalah promosi.

Pada era konvensional rangkaian promosi dilakukan dalam bentuk offline menggunakan medium below the line (BTL) dan Above The Line (ATL) yang jelas memakan waktu yang tidak sebentar dalam proses penyusunan serta eksekusinya.Lalu bagaimana pada era digital ? apakah brand masih membutuhkan hal tersebut (Pola konvensional) ?

Jika ditinjau dari pemanfaatanya,data dari Isight (marketing firm) www.isight.com menunjukan 67% bisnis offline (konvensional) telah bertransformasi menjadi model online, hal ini meliputi segala hal baik dari sisi promosi hingga penjualan. Dari data tersebut terlihat telah terjadi kesadaran bisnis akan pentingnya perubahan di era Digital.

Lalu apa alasan yang siginfikan ? BRYAN HAINES melansir ada 9 alasan perubahan online dilakukan https://www.thebalancesmb.com/putting-offline-business-online-2531853 dan diantaranya adalah kecepatan dan ketepatan.

Dari data di atas juga menunjukan efektifitas promosi konvensional di era digital perlu ditinjau kembali karena ada potensi yang sangat besar melalui promosi digital.Namun bukan berarti pola konvensional tidak lagi dibutuhkan karena tidak semua brand punya pola bisnis yang sama, semua harus kembali kepada target market serta customer behavior dari masing masing brand. Cara terbaik adalah menggabungkan pola konvensional dan digital pada praktektnya dengan presentasinya masing masing.

Mengapa harus digital ?

Selain faktor pengguna yang sangat besar yaitu 64% dari jumlah penduduk Indonesia, digitalisasi juga berguna untuk memangkas customer journey map konsumen. Pada era konvesional keputusan melakukan sebuah pembelian  ada setelah konsumen melihat produk secara langsung, namun di era digital ada integrated effort yang terbangun melalui promosi digital sehingg banyak customer yang memutuskan pembelian hanya dengan promosi visual.

Contoh simpelnya sering kali kamu melakukan pembelian di e-commerce hanya karena diskon atau display yang menarik. mengapa ? karena Faktor Psychology of buying behaviour akan sangat mendukung proses pembelian walaupun belum tentu produk yang kamu beli bermanfaat.

Hal kedua yang sangat mendasar adalah di dunia digital semuanya dapat terukur secara jelas. Selalu ada matrix yang dapat mengukur statistik setiap promosi. Tentu hal ini sangat dibutuhkan dalam reporting dan evaluasi setiap brand.

Sebaliknya era konvensional tidak dapat menyajikan data konverhensif tentang keberhasilan sebuah iklan. Tidak ada yang bisa menghitung jumlah reach hingga impression sebuah baliho yang dipasang dikawasan SCBD. Dalam sebuah podcast Ruang Siar Juara (RJS) Fika Rosemary mengatakan “Sering kali klient radio meminta matrix yang pasti terhadap sebuah iklan”

Dan faktor yang paling harus diperhatikan adalah kompetitior.Pesaingmu setidaknya telah satu step diatas brandmu karena mereka telah memanfaatkan digitalisasi.Sebenarnya masih banyak lagi faktor –faktor yang menyebabkan digitalisasi perlu dilakukan.Seorang owner UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) lalu bertanya “bagaimana memulainya ?”

Mitra Digital Bisnis

Berawal dari empati kami terhadap gelombang pertanyaan yang timbul tentang bagaimana memulai semuanya dengan model digital, kami akhirnya mengeluarkan kampanye #mitradigitalbisnis dengan tujuan menjadi solusi untuk para brand –brand dalam melakukan promosi secara digital.

#Mitradigitalbisnis bukan hanya sekedar mitra dengan orientasi profit, kami akan menjadi mitra profesionalmu dalam segala bentuk problem digital, memastikan brand kamu benar benar berkembang di dunia digital. Sebagai mitra, kami juga akan memberikan data yang related dengan perkembangan bisnismu serta laporan progress agar dapat mengukur perkembangan bisnismu dari waktu ke waktu.

Apa yang Aptana miliki untuk menunjang semua hal ini ? Kami memiliki mikro data digital yang menjadi acuan dalam proses promosi digital, selain itu kami memiliki sumber daya yang handal pada bidangnya masing masing yang bekerja sama untuk brand kamu. Terakhir jangan khawatir jika brandmu ada di zona urban ataupun rural karena  branch aptana tersebar lebih dari sumatera hingga sulawesi untuk lebih dekat dengan brand anda. Kesimpulannya adalah Percayakan brandmu kepada Aptana karena kami #mitradigitalbisnis kamu.