fbpx

Instagram ADS Adalah Cara Promosi Dengan Harga Terjangkau 

Instagram ads adalah salah satu metode yang saat ini banyak digemari oleh para pelaku usaha. Karena dapat menjawab keinginan pelaku usaha dengan menyediakan target promosi yang tepat sasaran.

Selain itu biaya promosi IG ADS sangat terjangkau. Sehingga siapapun dan apapun bisnisnya bisa melakukan promosi untuk meningkatan penjualan.

Yang paling disukai oleh para pelaku usaha dalam melakukan instagram ads adalah seluruh promosi yang dilakukan dapat diukur dan dilihat angka keberhasilannya.

Hasilnya terlihat Secara detail dengan report yang diberikan setelah melakukan promosi instagram berbayar tersebut. Sesuatu yang tidak akan ditemukan ketika melakukan promosi ATL (above the line) BTL (below the line) ataupun promosi model offline lainnya.

Apa pengertian dari Instagram ads ? perbedaan dari Instagram ads dan facebook ads ? bagaimana cara membuat  instagram ads ? serta tips instagram ads ? Baca artikel ini sampai selesai dan temukan jawabannya.

Instagram ADS adalah

Sebelumnya, tentu kalian sudah mengetahui tentang sosial media ini. Sebuah aplikasi berjaring yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi foto atau video baik secara langsung (live) maupun tidak langsung. Instagram menjadi sosial media dengan pengguna terbanyak ke-empat di Indonesia ditahun 2020 menurut data dari Hootsuit.

Dengan pengguna yang besar dan tersebar dimana mana serta waktu konsumsi yang lama. Memungkinkan instagram untuk mengetahui peta demography hingga sosiologi penggunanya.

Kesempatan itu akhirnya dimanfaatkan oleh Instagram untuk menciptakan metode iklan yang dinamakan Instagram ads. Ads adalah singkatan dari advertising / iklan.

Jadi apa itu instagram ads ? adalah metode beriklan digital di media sosial instagram untuk menjangkau target pasar yang luas dengan waktu yang cepat. Gambar di bawah adalah contoh iklan instagram

Contoh Instagram ADS
Contoh Instagram ADS

Perbedaan Instagram ads dan facebook ads

Setelah mengetahui pengertian instagram ads, banyak yang bertanya apa perbedaan keduanya. Secara singkat yang membedakan keduanya hanyalah platformnya. Dimana facebook ADS menggunakan Facebook dan Instagram ADS menggunakan instagram.

Selain itu,jika dilihat dari target market, instagram dan facebook memiliki peta landscape pengguna yang berbeda. Jadi,sebelum melakukan promosi / ads pastikan dulu kamu punya riset data yang cukup dalam menentukan platform yang ingin digunakan.

Bagaimana cara membuat instagram ADS

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa digunakan untuk beriklan di platform ini. diantaranya adalah

  • Melalui aplikasi instagram
  • Aplikasi pihak ketiga seperti faceebok power editor
  • Facebook Ads Manager
  • Facebook Marketing Api
  • Instagram partner

Pada dasarnya menggunakan kelima aplikasi diatas tujuannya sama saja. Namun tampilan kelimanya berbeda beda. Mulai dari yang paling sederhana melalui tombol promosikan atau sponsored di instagram hingga facebook marketing api atau power editor yang bisa mengatur promosi dalam jumlah yang banyak dalam satu waktu.

Namun untuk para pemula disarakan menggunakan facebook ADS Manager yang mana merupakan cara iklan di instagram melalui laman Facebook Bisnis. Tampilan yang lebih simple dan pengaturan target yang lebih spesifik serta detail, menjadi alasan Facebook ADS Manager lebih direkomendasikan.

Caranya dengan Membuka halaman facebook ADS Manager  lalu masuk ke akun pribadi kamu dan akan muncul tampilan seperti gambar dibawah. Klik buat untuk membuat iklan baru.

Tampilan facebook ADS Manager pada halaman Kelolah Iklan

Selanjutnya adalah mengetahui hal hal yang perlu disiapkan sebelum melakukan Instagram ADS di Facebook ADS Manager.

1. Menentukan tujuan promosi

Langkah pertama yang harus disiapkan adalah tentukan alasanmu beriklan di Instagram ADS. Banyak pilihan dalam melakukan ADS. Diantarnya adalah :

  • Meningkatkan Brand awareness
  • Meningkatan Reach atau penyebaran promosi
  • Meningkatan lalu lintas sosial media atau Traffic
  • Membentuk Engagement dengan pengguna yang lain
  • mengarahkan untuk melakukan pengunduah aplikasi atau All installs
  • Meningkatkan jumlah penonton atau Video views
  • Meningkatkan jumlah kunjungan toko atau Store visits
  • meningkatkan penjualan produk
  • Dan lain lain ( kunjungi https://business.facebook.com/ untuk info lebih lengkap)
Instagram ads adalah
Tampilan awal setelah membuat iklan baru.

2. Menentukan Judul Iklan

Langkah kedua adalah tentukan nama promosimu. Pastikan judulnya unik dan related dengan isi promosi yang kamu akan lakukan. Hal ini juga penting agar kamu tetap bisa melacak keberhasilan iklan / promosimu.

Instagram Ads Adalah
Kolom Judul yang wajib kamu isi

3. Mengatur Target Audience

Ada 2 pilihan dalam menentukan siapa yang akan menerima iklanmu. pertama, menentukan target audience baru, kedua adalah menggunakan target audience sebelumnya jika kamu pernah melakukan ADS. Hal ini adalah cara agar iklan instagram tertarget. Ada sangat banyak pilihan spesifik mulai dari umur,lokasi hingga bahasa.

Instagram ADS adalah
Kolom target audience

4.Menentukan Penempatan Iklan

Posisikan ADSmu sesuai dengan target yang kamu ingin capai ataupun tujuan promosimu. Gambar di bawah merupakan pilihan penempatan iklan.

Instagram Ads Adalah
Menentukan Penempatan ADSmu.

5.Menentukan biaya Iklan

Dalam menentukan budget di facebook ads atau instagram ads berlaku sistem lelang yang sering disebut bidding. Apa itu bidding ? kamu dapat melakukan estimasi budget yang akan kamu keluarkan. Sebagai contoh kamu akan mengeluarkan 50 ribu atau budget minimum beriklan dalam jangka waktu sehari.

Maka Facebook akan mendistribusikan iklanmu sampai budgetmu habis. Semakin tinggi biddingmu semakin luas proses penyebaran iklanmu atau exposure.

Jika kamu bingung mentukan Bidding, facebok menyediakan sistem automatic bid. Sehingga harga yang kamu bayarkan tergantung luas penyebaran iklanmu. Dengan kata lain adalah bentuk  serba otomatis yang diatur oleh facebook.

Selain itu faktor yang mempengaruhi biaya iklanmu adalah relevent score. Seberapa positif iklanmu diterima oleh user mempengaruhi budget yang terpakai.Estimated action rates juga mempengaruhi budgetmu. Dengan hitungan estimasi respond seorang untuk melakukan klik pada iklan yang kamu buat.

Jangan takut untuk mencoba terus menerus. Karena semakin sering kamu mencoba, semakin paham kamu akan budget ideal yang kamu keluarkan dalam biaya instagram ads.

Instagram ADS adalah
Menentukan anggaran ADS.

6.Membuat Konten

Content is the king. Maksimalkan kontemu jika ingin menarik perhatian lebih dari orang lain. Ada banyak bentuk konten yang bisa kamu gunakan seperti singel image ads,carousel,video,slideshow photos, atau stories. Untuk lebih jelasnya silahkan dilihat disini https://idwebhost.com/blog/instagram-ads/.

Isi konten yang ideal adalah mengadung 70% gambar dan 30 % tulisan. untuk lebih jelasnya kamu bisa mengupload konten instagrammu di facebok manager dan akan mendapatkan respon seefektif apa konten tersebut dalam instagram ads.

Instagram Advertising
Kolom uji coba konten

 

Selain itu jangan lupa menentukan designnya. Macam macam instagram mood bisa kamu temukan di situs seperi Pinteres dll.  Untuk cara detailnya silahkan lihat pada video dibawah ini.

Tips Instagram ADS

Lakukan hal ini sebelum beriklan.Tips strategi iklan di Instagram sangat penting untuk kalian dalam hal meminimalkan anggaran dengan hasil yang efektif dan berikut tipsnya :

  1. Mulai dengan Riset. Untuk menjadi solusi atas problem konsumenmu, kamu harus memulai dengan mengetahui problemnya. Dan langkah yang paling tepat dengan melakukan riset pasar dan temukan kebutuhan dan keinginan mereka. Dari riset itu juga kamu bisa mengerti bagaimana perilaku konsumenmu.
  2. Tentukan Media Plan. Setelah mengetahui gambaran yang harus dilakukan, mulailah menyusun rencana promosi yang kamu akan lakukan dan tujuanmu beriklan.
  3. Setting Budget Promosi. Tentukan biaya promosi / ADS yang akan kamu keluarkan agar kamu bisa mengoptimalkan budget tersebut dengan ADS yang tepat sasaran.
  4. Percayakan ADSmu kepada Aptana . Dengan tenaga yang ahli dan terampil di digital marketing serta tools tools yang kami miliki. Proses Advertising dan optimasi iklan dan promosimu akan lebih tepat sasaran dan berlangsung cepat dengan budget yang terjangkau.

Untuk tau lebih banyak seputar kami kunjungi website kami di apatana.co.id atau media sosial kami di instagram dan Facebook