fbpx
3 Cara Jitu Jadi Selebgram

3 Cara Jitu Jadi Selebgram

Dengan berubahnya metode promosi, berubah pula channel promosi. Jika dulu promosi masih menggunakan ATL dan BTL, di era digital saat ini media sosial telah menjadi channel yang sangat bermanfaat dan tentu mengetahui cara jadi selebgram akan sangat bermanfaat.

Berkembangnya channel digital seperti sosial media sebagai alat promosi membuka peluang para pengguna media sosial untuk menjadi selebgram. Singkatnya selebgram adalah kepanjangan dari selebriti Instagram yang berarti seorang yang memiliki popularitas di media sosial instagram.

Besarnya permintaan akan jasa selebgram membuat orang berbondong bondong menjadi selebgram. Selain karena popularitas, penghasilan seorang selebgram saat ini terbilang besar. Sebagai contoh rate harga yang diberikan oleh seorang instagram untuk promosi 1 konten bisa berkisar 300-400 ribu silahkan baca disini

Hal yang paling membuat sebagian orang tertartik untuk menjadi seorang selebgram karena dapat membangun relasi yang luas. Dengan keuntungan diatas, tidak heran pencarian keyword cara jadi selebgram hijabers,cara jadi selebgram tiktok ,cara menjadi selebgram remaja hingga cara menjadi selebgram dan dapat endoser memiliki traffic yang tinggi di google.

Banyak orang yang rela melakukan segala cara yang salah dan hanya menjadi sensasi sesaat yang sebenarnya adalah sebuah kesalahan. Dalam artikel ini kamu akan belajar 3 cara jitu jadi selebgram tanpa harus melakukan hal hal yang diluar dari kemapuanmu.

1. Menjadi Autentik

Dalam bukunya marketing 4.0 seorang pakar marketing Philip Kotler mengatakan “if you are not a brand, you are a commodity”. Bagaiman cara menjadi selebgram akan dimulai dengan membentuk personal brandingmu. Menggali keinginan dan menjadi expert dibidang yang kamu minati dan ketahui. Hal ini lebih baik ketimbang ikut dalam bidang yang sedang trend.

Karena menjadi selebgram sama halnya menjadi Key Opion Leader (KOL) dimana semua kegiatan yang kamu lakukan menjadi bench market dan role model dari banyak orang. Kebayangkan jika kamu terjun kedalam sebuah bidang dan kamu tidak menguasi bidan tersebut ? dampak negatif akan dirasakan oleh para pengikutmu.

Tips untuk menjadi autentik adalah carilah bidang bidang yang benar benar sempit (narrow) sehingga kamu bisa fokus mendalami bidang tersebut agar benar benar menjadi expert. Menjadi seorang selebgram fashion yang fokus sepatu dan ahli dalam hal itu akan lebih baik ketimbang menjadi seorang fashoin general.

Menjadi autentik juga akan membentuk brand imagemu dimata masyarakat sehingga identitasmu akan semakin mudah dikenali karena beda dengan orang lain.

2. Lakukan Riset Untuk Jadi Selebgram

Seperti yang dijelaskan di atas, menjadi seorang spesialis lebih baik ketimbang menjadi seorang generalis. Hal ini juga termasuk dalam dunia selebgram. Mengapa ? karena menjadi seorang generalis akan membawa kamu ke persaingan yang sangat kompetitif yang mana semua kompetitiormu punya keahlian yang sama.

Dengan terjebak didalam kompetisi yang ketat mau tidak mau kamu harus punya value propositon yang lebih dari mereka agar dapat dilirik oleh pengguna jasa selebgram. Dilain sisi ketika kamu menjadi seorang spesialist maka persaingan dalam bidangnya sedikit lebih mudah karena kompetiitormu tidak banyak.

Bagaimana menjadi selebgram spesialist yang expert disebuah bidang ? lakukan riset. Dalam riset pastikan kamu memiliki 2 hal yang perlu untuk diperhatikan. Pertama, dengan melakukan riset kamu akan mengetahui bidang bidang sempit apa saja yang punya kompetisi sedang bahkan rendah sehingga kamu dapat mengetahui kompetisi dalam bidang tersebut.

Hal kedua dengan melakukan riset kebutuhan konsumen. Selain mengetahui kompetisi kompetitior kamu juga wajib paham bagaimana permintaan selebgram dibidang tersebut. Dengan mengetahui kedua parameter tersebut kamu memiliki bayangan bagaimana peta persaingan dan kebutuhan di bidang tersebut.

Banyak yang bertanya bagaimana cara mengumpulkan data tersebut. Hal yang paling simple yang bisa kamu lakukan dengan melakukan pencarian di media sosial instagram menggunakan hastag. sebagai contoh kamu ingin mengetahui persaingan dan minat terhadap sepatu lokal, kamu bisa mencari keyword #sepatulokal dan melihat bagaimana kompetisi dan kebutuhan disektor itu.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan riset di pencarian organik google dengan beberapa tools tools yang mendukung seperti MOZ,Keyword Everywhere, Google Trend, Google keyword planner dan masih banyak lagi. Meski bukan di media sosial namun pencarian organik di mesin pencai google masih sangat tinggi terhadap sesuatu yang ingin diketahui hingga dibeli.

3. Strategi Yang Konsisten

Langkah terakhir setelah melakukan riset adalah membuat perencanan strategi. Konten apa yang harus dishare,kapan dan di media apa serta strategi kolaborasi yang akan dilakukan. Hal ini penting untuk membangun personal brandingmu dalam usaha menjadi seorang influencer. Satu hal yang paling penting dalam melakukan strategi perencaan konten adalah konsisten.

Buat kamu yang bingung bagaimana membuat konten yang sesuai, Aptana menyediakan jasa konten management yang akan memudahkanmu dalam membangun personal branding dengan cepat dan tepat. Untuk kamu yang tertarik dan membutuhkan info lebih tentang itu silahkan mengunjungi aptana.co.id atau diakun instagram,facebook dan youtube kami.