fbpx
Tips Memilih Influencer

Tips Memilih Influencer

Tips Memilih influencer saat Anda mencari influencer untuk keperluan pemasaran brand Andagunakan tips berikut ini untu memandu pencarian Anda. Cara ini akan membantu Anda menemukan influencer yang paling mungkin membantu Anda membuat kampanye yang sukses.

1. Ketahui tujuan Anda sebelum Memilih Influencer.

Tips Memilih influencer petama adalah ketahui tujuanmu. Saat mempelajari cara menemukan influencer, jangan fokus untuk menemukan banyak influencer temukan influencer yang tepat. Influencer yang tepat adalah orang, atau akun yang paling dapat membantu Anda menjangkau audiens dan sasaran Anda.

Mulailah membangun kampanye pemasaran influencer Anda dengan terlebih dahulu menjabarkan apa tujuan Anda sebagai target dari kampanye yang ingin Anda jalankan. Contoh target pemasaran yang diperlukan adalah:

• Brand awareness

• Membangun identitas merek

• Meambah audiens

• Engagement

• Penjualan

• Kesetiaan pelanggan

• Membangun link

Ketika Anda dapat dengan jelas menentukan tujuan utama Anda, Anda dapat menilai hubungan influencer dengan lebih baik dan menentukan apakah itu akan membantu Anda mencapai hasil yang positif.

2. Ketahui jenis kampanye influencer yang ingin Anda jalankan.

Saat Anda memetakan rencana pemasaran influencer Anda, pertimbangkan juga jenis kampanye apa yang paling membantu Anda terhubung dengan influencer yang ingin Anda ajak kerja sama. Berbagai jenis kampanye influencer meliputi:

• Giveaway: memberikan hadiah kepada influencer sebagai imbalan atas mention, pos, dll yang telah dilakukan.

• Content Placement: Anda dapat memberikan Content Placement kepada influencer untuk diposting di social medianya.

• Konten bersponsor: membayar influencer untuk membagikan konten Anda atau membuat konten yang terkait dengan merek     Anda

• Kontes dan hadiah: menggunakan kontes sebagai insentif agar influencer menyebutkan merek Anda atau membagikan konten Anda

• Influencer Takeover: membiarkan influencer mengambil alih akun media sosial Anda selama waktu tertentu

• Afiliasi: berbagi kode afiliasi dengan influencer sehingga mereka mendapatkan uang setiap kali seseorang datang melalui link  pembelian mereka yang telah Anda sediakan.

• Kode diskon: mengizinkan influencer memberikan kode diskon untuk penawaran Anda kepada penggemar dan pengikut mereka

• Brand Ambassador: bermitra dengan influencer yang secara teratur mempromosikan merek Anda dengan imbalan diskon dan keuntungan dari merek Anda.

3. Temukan influencer yang terkait dengan industri Anda.

Tips memilih influencer ketiga adalah kesesuaian. Saat memutuskan bagaimana menemukan influencer yang sesuai dengan industri/niche Anda, tempat yang baik untuk memulai adalah dengan tokoh-tokoh terkenal atau terkenal di industri Anda. Influencer yang sesuai dengan industri Anda membantu Anda menyebarkan pesan dan membangun Brand Awareness sesuai dengan target pemasaran Anda.

Untuk mendukung jenis pemasaran khusus ini, siapkan peringatan di Google untuk istilah yang terkait dengan industri Anda untuk melihat siapa yang secara teratur menulis konten tentang topic yang terkait dengan industri Anda, dan carilah forum untuk melihat siapa yang secara teratur menjawab pertanyaan yang terkait dengan industri Anda.

4. Temukan influencer yang mempromosikan pesaing Anda.

Untuk menemukan influencer yang kemungkinan akan bekerja dengan merek Anda, carilah influencer yang sudah bekerja dengan merek yang serupa dengan milik Anda. Influencer yang sudah menulis tentang merek lain di industri Anda akan lebih cenderung bisa membagikan konten tentang merek Anda daripada akun yang tidak pernah menyebut merek lain yang serupa dengan niche Anda.

Jelajahi hashtag di instagram yang terkait dengan industri Anda di media sosial untuk melihat siapa yang secara teratur berbagi konten dan membicarakan tentang pesaing Anda. Influencer yang terlibat ini akan menjadi grup yang baik untuk dijangkau.

5. Pahami kewajiban influencer.

Saat memutuskan influencer mana yang tepat untuk kampanye Anda, evaluasi kewajiban mereka untuk menentukan apakah mereka memiliki jangkauan yang relevan atau cukup besar untuk membantu Anda mencapai tujuan Anda. Analisis influencer adalah bagian penting dari mempelajari cara menemukan influencer yang tepat yang dapat menjangkau audiens Anda. Pertimbangkan faktor peringkat influencer seperti:

• Jumlah pengikut mereka

• Tingkat keterlibatan pengikut

• Engagement rate influencer

• Kualitas konten

• Kedalaman cakupan niche social medianya

6. Ketahui hasilnya

Saat Anda meluncurkan kampanye, lacak KPI pemasaran influencer yang akan membantu Anda menentukan apakah Anda telah mencapai target. Kemudian, setelah kampanye Anda selesai, tinjau hasilnya untuk memutuskan apakah kampanye itu berhasil atau perlu diperbaiki.

Gunakan apa yang Anda pelajari untuk membantu menentukan kampanye di masa mendatang. Misalnya, jika hubungan dengan seorang influencer menghasilkan jumlah prospek yang ingin Anda kumpulkan, jalankan kampanye serupa lainnya. Jika Anda gagal mencapai tujuan Anda, hentikan keterlibatan atau sesuaikan untuk melihat apakah Anda dapat memberikan hasil yang lebih baik.

Saat Anda bingung mencari influencer yang tepat. Aptana menyediakan banyak pilihan yang sesuai dengan tujuan beriklan anda. Klik link ini untuk mempelajari lebih lanjut.